Sabtu, 23 Februari 2019

4 PEKERJAAN UNTUK LULUSAN SEJARAH

Saya senang sama ilmu sejarah, karena ruang kerja dari disiplin ilmu sejarah itu luas banget. Dan tanpa kita sadari, banyak banget peluang kerja yang membutuhkan ahli ilmu sejarah. Dan ini serius lho. Saya sendiri sudah membuktikannya. jadi bagi yang masih bingung bagaimana kerja disiplin ilmu sejarah untuk kamu di masa depan, atau yang lagi takut dan khawatir bagaimana kerja nanti bila kamu kuliah di jurusan sejarah. Jangan khawatir, saya memberi gambaran sederhana-nya di sini. Setidaknya dari yang saya hitung-hitung ada 4 pekerjaan yang bisa digeluti seorang lulusan sejarah:

 1. Jadi Guru Sejarah.
Sudah gak bisa dipungkiri lagi, kebutuhan akan guru di bidang sejarah itu sangat banyak. Guru sejarah sudah jadi semacam tolak ukur tersendri di sekolah-sekolah. Apalagi bila guru sejarah itu bukan hanya pakar sejarah melainkan juga jago di bidang ilmu yang lain, seperti bisa berbahasa asing, misalnya. Wah, ada nilai plus-plus-nya deh.

 2. Jadi Peneliti.
Dunia penelitian barangkali gak akan bisa absen dari ilmu sejarah. Banyak penelitian yang bisa di buat oleh seorang ahli sejarah. Ambil contoh nih, jika kamu senang sama satu serajah, misalkan dengan kehidupan manusia zaman pra aksara, tentu kapasitas kamu akan diperhitungkan untuk meneliti hal-hal yang menyangkut dengan tema sejarah yang kamu teliti itu. Gak sedikitlah pekerjaan yang membutuhkan riset sejarah, ya setidaknya dari ahli sejarah alias sejarawan.

 3. Jadi penjaga perpustakaan bagian arsip dan buku bertema sejarah (Lokal).
 Nah, buat kamu yang suka banget sama buku dan mencintai sejarah lokal di daerah kamu, boleh jadi pekerjaan denan menjadi pustakawan adalah dunia tersendiri yang bisa kamu geluti. Apalagi bila kamu memang seorang ahli sejarah, gak sedikit lho, perpustakaan daerah membuthkan seorang yang bukan hanya lulusan bagian arsip, tapi juga seorang ahli sejarah yang konsen dalam bidang ilmu sejarah lokal di daerahnya. Pemberdayaan seorang lulusan sejarah gak bisa diragukan lagi sangat dibutuhkan perpustakaan.

 4. jadi penulis.
Dan terakhir, ini adalah jalan paling sunyi dan sepi yang bisa ditekuni oleh seorang lulusan sejarah. meski terkadang gak sepi-sepi amat sih. hahahah... seorang ahli sejarah atau lulusan sejarah setidaknya memiliki skil menulis sejarah. Apalagi yang bisa diragukan. Menjadi penulis bukan hal aneh, banyak lho penerbit yang membutuhkan tuisan bertema sejarah.

 Dari ke-4 pekerjaan di atas mana yang bisa kamu ambil? semoga pilihan untuk ada dijalur sejarah tidak membuat kamu minder, setidaknya harus membuat amu bangga. Bahwa gak semua orang terpilih untuk mengemban pekerjaan yang menarik ini :)

 Nah, untuk menguatkan tekat dan tetap optimis dengan disiplin ilmu sejarah yang kamu sedang tekuni. Ada 3 orang ahli sejarah, tentu masih tampak muda dan punya andil besar untuk kemajuan ilmu sejarah diluar dugaan kamu, siapa-siapa mereka ini dia saya kasih bocoran sedikit:

1. JJ Rizal. Lulusan Sejarah yang satu ini adalah seorang pakar sejarah Jakarta, dan telah mendidirikan satu penertibitan menarik bertema sejarah dan ilmu sosial yang lainnya, bernama Penerbit Komunitas Bambu. 






2. fadly Rahman. Lelaki lulusan Sejah ini adalah seorang peneliti yang fokus penelitiannya adalah sejarah makanan. Dalah satu buku yang ia terbitkan sebagai mengukuhkan dirinya begitu piawai dalam dunia sejarah makanan adalah bukunya berjudul: Jejak rasa nusantara





3. Bonnie Tryana, adalah seorang sejarawan dan seorang pendiri majalah Historia yang keren itu.

Nah, kamu gimana. Masih ragu dengan ilmu sejarah?



Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments


EmoticonEmoticon